Saturday 9 February 2013

Jenis-jenis Genre/Teks dalam Bahasa Inggris



by Diah Nurhayati

Halo semua, gimana kabarnya hari ini? Semoga sehat2 saja. Oke, hari ini saya akan menulis tentang Text/Genre yang saya pelajarin pas kuliah dulu ni ceritanya, karena kebetulan saya jurusan Bahasa Inggris S1 di UNNES dan pengen bagi sedikit pengetahuan yang pernah saya dapat di bangku kuliah selama 4th dulu.
Semua anak2 SMP, SMA, dll  pasti tau kan ada macam-macam teks Bahasa Inggris seperti Narrative, Recount, Procedure, dll. Ni bacaan saya tulis supaya memudahkan adik2 dan temen2 yang pengen tau ajahh tentang teks2 bahasa inggris dan semoga dapat membantu teman2 semua. Kalo gitu oke langsung aja ya… :D

Pertama saya akan menulis tentang Kinds of text (grup/jenis2 cerita)
A.      A Range of Story and Factual Genre (teks tentang cerita dan teks tentang fakta)
1.      Story Genres (teks cerita)
Yang termasuk dalam teks cerita adalah :
1.      Narrative
2.      News Story
3.      Exemplum
4.      Anecdote
5.      Recount
6.      Spoof


2.      Factual Genre (teks tentang fakta)
Yang termasuk dalam teks fakta adalah :
a.      Exposition
b.      Procedure
c.       Explanation
d.      Report
e.      Discussion
f.        Description
g.      Review
h.      News Item
i.        Commentary

Next, setelah tau macam2 jenis teks lalu saya akan menjelaskan social function atau tujuan dari teks.
B.      Social Functions of the Texts (Tujuan dari teks)
1.      Narrative : To amuse, entertain the reader and to deal with actual or various experience in different ways.
(intinya teks narrative itu adalah cerita dongeng atau legenda untuk menghibur pembacanya dengan pengalaman-pengalaman tertentu.  contohnya seperti cerita dongeng cinderella, legenda Danau Toba, Malin Kundang, dll)
2.      News Story/News Item: Factual text which informs readers events of the day which are considered newsworthy or important.
(News story/News Item itu intinya untuk menginformasikan pembaca tentang berita2 penting yang terjadi dalam kehidupan sehari2 contohnya : berita Indonesia menang bulu tangkis lawan China, berita tentang siswa yang memenangkan lomba olimpiyade tingkat kabupaten, dll. Pokoknya yang penting & membanggakan utk diketahui orang banyak gitu)
3.      Exeplum: To dealt with incidents that are in some respects out of the usual, point to some general value in the cultural context.
(teks exemplum adalah teks yang menceritakan tentang hal yang berhubungan dengan nilai-nilai umum dalam kebudayaan)
4.      Anecdote : To share with others an account of an unusual or amusing incident.
(Anecdote itu tujuannya untuk menceritakan tentang kejadian yang memalukan/kejadian lucu pada pembacanya)
5.      Recount : To retell events for the purpose of informing or entertaining.
(Recount itu adalah teks yang isinya menceritakan kejadian yang dialami penulis dengan maksud untuk menginformasikan atau menghibur pembacanya)
6.      Spoof : to retell an event with a humorous twist.
(spoof adalah teks yang bersi tentang cerita lucu atau joke, namun  terkadang sulit dipahami letak kelucuannya oleh orang awam/tidak begitu mengerti)
7.      Procedure : To describe how something is accomplished through a sequence of actions or steps.
(untuk menceritakan bagaimana langkah2 atau urutan dalam mengerjakan sesuatu/membuat sesuatu dengan benar. Contoh : langkah-langkah membuat nasi goring, langkah-langkah menarik uang di ATM, dll)
8.      Explanation : To explain the processes involved in the information or workings of natural or socio-cultural phenomena.
(Teks Explanation adalah teks yang isinya bahasan yang menjelaskan/memberi informasi tentang fenomena-fenomena alam/ proses alam, proses sosial budaya, dll. Contohnya : bagaimana terbentuknya garam (garam dari air laut), proses terjadinya hujan, dll)
9.      Report : To describe the way things are, with reference to arrange or natural, manmade or social phenomena in our environment.
(teks report digunakan untuk memberikan deskripsi/informasi kepada pembacanya tentang suatu hal secara umum/apa adanya)
10.  Analytical Exposition : To persuade the reader or listener that something is the case.
(intinya Analytical Exposition itu teks nya berisi berisi pendapat2 yang mendukung suatu bahasan/masalah tertentu contohnya : kenapa merokok dilarang, kenapa dilarang membuang sampah disungai, dll)
11.  Hortatory Exposition : To persuade the reader or listener that some should or should not be the case
(dalam Hortatori Exposition di dalam teks tersebut penulis biasanya mengajak pembaca/memberikan rekomendasi kepada pembaca tentang bagaimana menanggapi suatu masalah / menyetujui atau tidak menyetujui tentang suatu masalah  . Contohnya: haruskah anak SD atau SMP dilarang membawa HP, haruskah pendidikan seks diajarkan di sekolah, dll)
12.  Discussion : To present (at least) two points of view about an issue.
(teks diskusi biasanya digunakan untuk mendiskusikan/membahas suatu masalah/issue dari dua sisi pandang)
13.  Description : To describe a particular person, place or thing.
(teks deskripsi digunakan untuk mendeskripsikan ciri khusus yang dimiliki manusia, hewan atau benda secara spesifik contoh : My pet, My father, My house, Simmon my dog, dll)
14.  Review : To critique an art work or even for a public audience.
(teks review adalah teks tentang ringkasan/spesifikasi atau evaluasi terhadap suatu barang, film atau buku yang disajikan kepada pembaca)
15.  Commentary : To explain the process involved in the formation (evolution) of a socio-cultural phenomenon, as though a natural phenomenon.
(Commentary adalah jenis teks yang menjelaskan proses perkembangan suatu topik/peristiwa dan fungsinya untuk mengomentari suatu topik/peristiwa tersebut)


                                                                     REFERENSI

                        Hartono, R. 2005. Genre Based Writing. Semarang : UNNES

4 comments:

madhon said...

Terimakasih :))
Sangat membantu

diah said...

sama2 :)

imansyah said...

Bisa d posting ga bagaimana cara membedakan jenis" teks untuk sma dan smp. Terimakasih

Unknown said...

Trimakasih ya... postingan ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas-tugas..